Selasa, 08 Mei 2012

Kendala Dalam Be-ternak Love Bird

Kendala yang dihadapi dalam budidaya love bird ini adalah serangan tikus , dan kematian anakan di usia kurang dari satu bulan . Tips penanganan kendala , untuk tikus kandang dibuat dari kawat srimin dan sering di kontrol . Untuk kematian di bawah satu bulan dengan cara penyapihan dan pemberian pakan yang routin . Tiap 2 bulan sekali di semprotkan disifektan ke seluruh bagian kandang.

  • Kendala lainnya adalah :
Tidak Mau Jodoh
Sering kita merasa kesal karena indukan yang ingin kita jodohkan ternyata tidak mau bersatu. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, al: keduanya berjenis kelamin sama, belum memasuki masa birahi, situasi atau lingkungan yang kurang mendukung.

Telur Tidak Menetas
Telur tidak menetas bisa disebabkan oleh beberpa hal al : Indukan yang mandul, kurang nutirisi, telur tidak dierami indukan, infeksi bakteri, dan lain-lain. Sering dijumpai dalam satu tetasan, ada 1 atau 2 telur yang tidak menetas. 

Ini adalah hal yang wajar dan tidak perlu di khawatirkan. Biasanya telur yang tidak menetas itu adalah telur yang terakhir. Menurut literature yang saya baca, bahkan di alam sekalipun, tidak semua telur bisa menetas.

Cacat Kaki.
Sering kita jumpai anak Lovebird yang kakinya tidak bisa berdiri dan mencengkeram dengan sempurna serta cenderung miring ke samping. Hal ini disebabkan karena bahan sarang yang ada didalam sangkar kurang mencukupi sehingga Lovebird tidak mempunyai dasar berpijak yang tidak licin. 

Kebanyakan kasus ini dijumpai pada glodok yang beralaskan papn triplek. Hindarilah menggunakan bahan ini dan gunakan papan yang belum diserut sebagai bahan dasar glodok.

Tidak ada komentar: